Pemantauan Serta Evaluasi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Tahun 2023 | SEMA UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Agustus 12, 2023 0 Comments

SEMA UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) menjadi Tim Pemantau dalam Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Kegiatan PBAK dilaksanakan selama tiga hari, sejak tanggal 9-11 Agustus 2023 bertempat di dalam Masjid Agung Kampus II UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Rowolaku, Kajen.

PBAK dibuka secara langsung oleh Rektor, yakni Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag.
Pada tahun ini, UIN Gus Dur memerima mahasiswa baru sejumlah 2.400 yang berasal dari berbagai daerah. Tim pemantau berjumlah 15 orang, terdiri dari SEMA U terdapat 11 orang dan SEMA F terdapat 4 orang.

SEMA menjalankan fungsi pengawasan dalam acara PBAK kali ini, berbeda dengan panitia pelaksana yang langsung terjun ke lapangan. Tim pemantau hanya mengawasi jalannya PBAK dari pra acara sampai hari-H agar sesuai dengan SK Dirjen Pendis Nomor 4962 Tahun 2016 dan Undang-undang Pemerintahan Mahasiswa Tentang Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan. SEMA berhak atas pemantauan dalam acara PBAK. Dalam proses pemantauan, SEMA memakai indikator pencapain acara yang ditargetkan kepada panitia pelaksana dan angket untuk peserta.

Pada hari pertama, PBAK diawali dengan Nariyahan di dalam Masjid Agung Kampus II UIN K.H. Abdurrahman Wahid. Setelah selesai Nariyahan peserta melanjutkan mengikuti rangkaian pembukaan PBAK Tahun 2023. Ada banyak catatan dalam pelaksanaan PBAK di hari pertama yang perlu di evaluasi dan diperbaiki lagi oleh panitia pelaksana. Adapun sasaran evaluasi hari pertama tertuju kepada Seksi Acara, Seksi Konsumsi, Seksi Perlengkapan, Seksi Keamanan, dan Panitia Pendamping. Pemantauan ini berlangsung selama PBAK dilaksanakan.

Secara keseluruhan, berdasarkan pemantauan ada kendala estimasi waktu, formasi duduk peserta kurang rapih, kelangkaan air, kurangnya pembagian titik jaga, serta kurangnya pengondisian peserta. Catatan tersebut yang disampaikan kepada Dr. H. Muhlisin, M.Ag (Wakil Rektor III sekaligus Ketua Panitia PBAK) dalam bentuk Surat Pemberitahuan Hasil Pemantauan agar segera dievaluasi dan diperbaiki.

Penulis : Danix Ramandhani´╗┐

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *