Program Legislasi Mahasiswa 2023 | SEMA UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Juni 22, 2023 0 Comments

Senat mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan telah melaksanakan kegiatan program legislasi mahasiswa (Prolegma) yang bertempat di gedung pertemuan terpadu lantai 3. Prolegma dilaksanakan 3 kali pertemuan. Yaitu pada tanggal 10 April 2023, 25 mei 2023, dan 22 Juni 2023.

Prolegma merupakan potret politik hukum pemerintahan mahasiswa yang berisi tentang rencana pembangunan peraturan perundang-undangan (Undang-Undang) dalam periode tertentu. Dengan adanya program legislasi mahasiswa, diharapkan pembentukan undang-undang baik yang berasal dari Senat Mahasiswa, Presiden Mahasiswa, maupun Dewan Eksekutif Pemerintahan Mahasiswa dapat dilaksanakan secara terencana, sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh.
Prolegma menjadi acuan dalam proses perencanaan undang-undang secara umum dan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan hukum secara keseluruhan.

Prolegma dihadiri perwakilan dari seluruh elemen pemerintahan mahasiswa tahun 2023 di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dengan jumlah 80 orang.

Kegiatan prolegma ini meliputi pembuatan peraturan perundang-undangan yang mencakup tahap perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan atau penetapan dan pengundangan. Kemudian Undang-Undang yang dibentuk oleh Senat Mahasiswa dan disetujui bersama Presiden Mahasiswa.

Penulis : Danix Ramandhani´╗┐

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *