SEMA IAIN Pekalongan Adakan Webinar Budgeting di Bulan Ramadhan

Mei 14, 2022 0 Comments

sema.iainpekalongan.ac.id, Pekalongan — SEMA IAIN Pekalongan telah melaksanakan kegiatan Webinar Budgeting, pada Sabtu (23/04/2022) melalui Zoom Meeting Room. Kegiatan tersebut sasarannya adalah mahasiswa IAIN Pekalongan. Webinar ini mengusung tema “Strategi Kebijakan Penganggaran Bidang Pendidikan di Era 5.0”.

Webinar tersebut diikuti kurang lebih 70 peserta, jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan mahasiswa IAIN Pekalongan yang kurang lebih 12.000 mahasiswa sangat sedikit sekali yang berminat.

Pada kesempatan ini, SEMA IAIN Pekalongan mengundang pemateri yang kompeten dibidangnya yaitu Candra Saputra (Wakil Komisi II DPRD Kab. Pekalongan) dan Didin Nasruddin, SH., MS.I (Kabid Pemsosbud Bappeda Litbang Kab. Pekalongan). Webinar ini juga mengundang Devi Mahanani sebagai moderator.

Sambutan pertama disampaikan oleh Farida Hidayatal Fikroh sebagai ketua pelaksana, dilanjut oleh Moh. Farhan Naufal sebagai Ketua SEMA IAIN Pekalongan Periode 2022. Adapun Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, yakni Dr. H. Muhlisin, M.Ag sebagai Keynote Speaker.

“Penting bagi mahasiswa khususnya aktivis mengetahui alur dana pendidikan yang dapat disalurkan disetiap lini. Selain itu, perlu diketahui yang mengurusi bidang sekolah dasar itu di tingkat daerah, sedangkan bidang sekolah menengah kaitannya di provinsi agar kita bisa memahami alur, tujuan dan cakupannya”, ujar beliau saat sambutan dan membuka acara tersebut.

Pada sesi pemaparan materi dimulai dari Bapak Candra Saputra. Beliau menyampaikan terkait proses pencairan dana dari pusat sampai daerah yang sebelumnya daerah sudah memploting dana dan juga sasaran yang dalam hal ini bidang pendidikan.

“Sudah ada beberapa sekolah yang mendapat bantuan untuk operasional sekolah. Dalam pencairan dana pada tahun ini sudah dibahas pada tahun kemarin, jadi pada tahun ini tinggal merealisasikan pembahasan tahun kemarin, begitu juga pada tahun depan yang akan dibahas pada rancangan tahun ini”, ujarnya.

Untuk materi kedua disampaikan oleh Bapak Didin Nasruddin. Beliau menyampaikan terkait realisasi APBD dalam dunia pendidikan dari pembagian urusan pemerintah, kewenangan pemerintah pusat dan daerah. Beliau juga menyampaikan terkait prinsip penyusunan APBD di antaranya tidak bertentangan dan sesuai dengan kebutuhan, berpedoman pada RKPD, KUA, RPAS dan dilakukan secara tertib, efisien dan ekonomis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *